SILAHKAN BACA DAN AMBIL YANG BERMANFAAT BAGI ANDA

Minggu, 15 Juli 2012

Mengatasi xampp yang error display

Baiklah langsung saja kita menuju ke permasalahannya. Pernahkah teman-teman menemui Error Message yang pesannya seperti yang tertera di bawah ini :

========================================================================
Server error!

The server encountered an internal error and was unable to complete your request. Either the server is overloaded or there was an error in a CGI script.

If you think this is a server error, please contact the webmaster.
Error 500
Localhost
02/27/08 13:04:31
Apache/2.2.6 (Win32) DAV/2 mod_ssl/2.2.6 OpenSSL/0.9.8e mod_autoindex_color PHP/5.2.4

========================================================================
atau


Nah, mungkin sebagian dari teman-teman sudah ada yang tahu bagaimana solusi untuk memecahkan problem atau pesan error dari XAMPP tersebut. Tetapi bagi para pembaca yang belum tahu, ini dia saya beri tahu cara untuk menyelesaikan masalah itu.

Tampilan error message tersebut muncul karena mod_rewrite di XAMPP belum di-enable sehingga file htaccess yang ada di root website milik kita belum berjalan dengan benar. Jadi untuk menghilangkan tampilan error message tersebut agar tidak muncul kembali dan file htaccess dapat bekerja dengan benar kita harus men-enable mod_rewrite di XAMPP.

Lalu bagaimana cara untuk men-enable mod_rewrite di XAMPP? Pasti teman-teman bertanya-tanya demikian. Cara untuk men-setting mod_rewrite dari kondisi unable menjadi enable sangat mudah, teman-teman buka direktori XAMPP\apache\conf\. Kemudian cari file httpd, buka file httpd tersebut dengan Notepad. Setelah file httpd terbuka silakan lakukan search untuk mencari baris seperti di bawah ini:


#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Setelah baris kode tersebut ketemu, hapus tanda “#” yang ada di depan baris kode tersebut kemudian simpan file httpd, kemudian restart apache yang ada di XAMPP Anda. Lalu jika XAMPP menunjukkan kondisi dalam keadaan busy, saya sarankan Anda melakukan restart pada komputer, notebook atau netbook yang sedang Anda gunakan. Ok, dengan begitu Anda telah melakukan pengubahan setting pada mod_rewrite di XAMPP yang semula unable menjadi enable sehingga file htaccess Anda dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar:

FB like