SILAHKAN BACA DAN AMBIL YANG BERMANFAAT BAGI ANDA

Kamis, 01 Maret 2012

Membuat navigasi nomer halaman pada blogspot

Navigasi Nomor Halaman pada Blog, yap.. itu yang akan Kamu Klik share pada postingan kali ini.
Navigasi Nomor Halaman pada Blog atau yang biasa yang disebut Page Number adalah urutan nomor-nomor halaman pada blog kita. Tampilan Page number yang bakal Kamu Klik share seperti ini sob:



Cara Membuat Navigasi Nomer Halaman Blog
Gimana tampilannya ? Tentunya navigasi halaman bernomer atau page number ini terlihat lebih elegant dan profesional dengan menampilkan juga total page yang ada.
Buat kamu yang sudah bisa edit css, bisa langsung edit sendiri tampilannya. Tapi tanpa di edit sudah bagus kok, terlihat lebih profesional dari pada tampilan "Older Post" atau "Posting Sebelumnya" dll. wkwk..
Bagaimana cara membuat navigasi nomer halaman blog di blogger?
Yuk langsung saja ikuti tutorialnya dibawah ini:
  • Login ke blog kamu  kemudian menuju halaman Design dan Edit HTML, jangan lupa di back up dulu templatenya untuk keamanan kalo terjadi error gitu, tapi yaa gak bakal koq.
  • Cari kode ]]></b:skin> lalu paste Css di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>

    .showpageArea a {
    text-decoration:underline;
    }
    .showpageNum a {
    text-decoration:none;
    border: 1px solid #cccccc;
    margin:0 3px;
    padding:3px;
    }
    .showpageNum a:hover {
    border: 1px solid #cccccc;
    background-color:#cccccc;
    }
    .showpagePoint {
    color:#333;
    text-decoration:none;
    border: 1px solid #cccccc;
    background: #cccccc;
    margin:0 3px;
    padding:3px;
    }
    .showpageOf {
    text-decoration:none;
    padding:3px;
    margin: 0 3px 0 0;
    }
    .showpage a {
    text-decoration:none;
    border: 1px solid #cccccc;
    padding:3px;
    }
    .showpage a:hover {
    text-decoration:none;
    }
    .showpageNum a:link,.showpage a:link {
    text-decoration:none;
    color:#333333;
    }

  • Langkah selanjutnya kamu cari kode </body> , kalau sudah ketemu paste kode berikut ini tepat di atas kode </body>


    <!--Page Navigasi-->
    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
    <script type='text/javascript'>
    var pageCount=6;
    var displayPageNum=5;
    var upPageWord =&#39;Previous&#39;;
    var downPageWord =&#39;Next&#39;;
    </script>
    <script src='http://blogergadgets.googlecode.com/files/blogger-page-navi.v1.js' type='text/javascript'/>
    </b:if>
    </b:if>
    <!--Page Navigasi -->


    Keterangan: Kamu bebas mengubah tulisan yang saya kasih warna merah, angka 6 adalah jumlah posting yang tampil tiap halaman sedangkan yang 5 adalah tombol navigasi yang tampil. Next adalah text untuk ke halaman selanjutnya, sebalikanya Previous untuk kembali kehalaman sebelumnya.
  • Simpan template dan lihat hasilnya :).
Gampang banget kan ? Naah sekian tutor blog cara membuat Navigasi
Nomor Halaman pada Blog ini.. sapai jumpa di tutor blog berikutnya :)
salam..
Poskan Komentar

FB like