SILAHKAN BACA DAN AMBIL YANG BERMANFAAT BAGI ANDA

Jumat, 25 November 2011

Cara untuk tes memori "RAM" eror

Maka dari itu disini saya akan membahas cara yang mudah untuk mengecek ada tidaknya kerusakan pada Ram/Memori Komputer kita,dengan memakai softwere yaitu Memtest86+. Softwere Mentest86+ merupakan  update dari softwere Mentest86.Softwere Mentest86+ ini berjalan melalui media bootable dan tidak bergantung pada sistem operasi yang di gunakan oleh komputer.
Ada 3 media bootable yang bisa digunakan untuk menjalakan softwere ini yaitu:

Dari ketiga cara diatas yang paling mudah menurut saya dan memang sudah saya praktekkan adalah yang menggunakan Flashdisk.

Jadi yang akan saya terangkan disini adalah yang menggunakan Flasdisk sebagai medianya,dan bagi yang ingin menggunakan media CD Room/Floppy Disk anda bisa mencari tutorialnya di Mbah Google.
Caranya adalah sebagai berikut :

Siapkan 1 buah Flashdisk kosong tidak perlu yang berukuran besar karena softwere ini berukuran kecil sekitar 141 kb.

Kemudian Download Softwere Mentest86+ USB Installer yang ada diatas.

Dan jalankan softwere tersebut seperti gambar dibawah ini dan  klik tombol I Agree


Lalu pilih di drive mana Flashdisk anda berada,setelah itu klik tombol Create


Proses installasi sedang berjalan, dan akan muncul tulisan " Installation Complete "kemudian tekan Next


Dan terakhir tekan Finish maka Flashdisk anda sekarang sudah siap untuk dimainkan,kalo kata petinggi salah satu partai " Mainkan barang itu..." he...he...he...


Colokkan Flasdisk yang sudah jadi tersebut kesalah satu drive komputer anda,lalu hidupkan komputer dan masuklah  ke menu Bios,atur biosnya agar drive yang berisi flashdisk tersebut menjadi Booting Awal/booting pertama kali,setelah itu program cek Ram ini akan berjalan secara otomatis untuk melakukan cek terhadap Ram anda,ada sekitar 8 test yang akan di proses oleh softwere tersebut,tunggulah sampai proses tersebut selesai.
Perhatikan layar monitor anda,jika Ram komputer dalam keadaan rusak  maka akan muncul tulian dengan background berwarna merah,seperti gambar di bawah ini.


Namun bila kondisi Ram komputer anda dalam keadaan bagus maka tidak akan muncul tulisan yang berlatar merah tersebut,seperti gambar di bawah ini


Demikianlah tutorial cara mengetes ada tidaknya kerusakan pada Ram komputer anda.



Poskan Komentar

FB like